Enterprise Resource Planning

Friday, March 16, 2018

Enterprise Resource Planning



Enterprise Resource Planning

                Untuk kali ini hal yang akan di review bertemakan Enterprise Resource Planning dengan jurnal berjudul The Black Box of Factors Affecting Enterprise Resource Planning Usage in Public and Private Sector Organization of Rawalpinda and Islamabad. ERP ini sendiri digunakan oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan keunggulan bersaing namun dalam penggunaaanya terdapat tantangan tersendiri. Pada negara berkembang, penggunaan ERP perlu juga adanya eksplorasi mengenai faktor- faktor eksternal dari user. Untuk penelitian kali ini faktor yang ditinjau adalah faktor sosial ,lingkungan kerja dan komunikasi.
                Bagi peneliti menganggap sistem ERP berhasil bukan hanya karena sistem tersebut dapat berfungsi tapi juga dapat digunakan dengan baik oleh user. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatid dan dilakukan juga uji lapangan untuk mengetahui pengaruh faktor tersebut. Sampel diambil dari 4 organisasi di Rawalpinda dan Islamabad yaitu PTCL,PTA,Ufone dan NADRA.
Berikut adalaha hasil dari penelitian yang diserbakan melalui 250 kuesioner:
231 diantaranya dikembalikan untuk Analisis SPSS,dimana:
       85% laki-laki dan  115% perempuan
       58,9% sudah menikah,39,4%lajang dan 1,7%bercerai
       Menggunakan ERP >3tahun: 51%
       Menggunakan ERP 1-3 tahun: 38%
       Menggunakan ERP <1 tahun: 11%
       70% bergelar Master Dengree,19% Sarjana,6% M-Phil dan sisanya bergelar Intermediate
Setelah dilakukan uji statisik dan uji regresi yang berpengaruh signifikanmerupakan faktor lingkungan kerja dan komunikasi, faktor sosial kurang berpengaruh karena ERP bukanlah teknologi yang baru di suatu organisasi, biasnaya faktor sosial sangat berpengaruh hanya di awal penggunaan. Penelitian semacan ini dapat dilakukan untuk sektor lain seperti rumah sakit dan lembaga pendidikan. Dengan penelitian seperti ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai faktor eksternal apa saja yang mempengaruhi ERP.



0 comments :

Post a Comment