Information System Competitiveness

Friday, March 16, 2018

Information System Competitiveness



Information System Competitiveness
Pada kesempatan kali ini, saya me-review Jurnal dengan judul Human Resource Information System and Their Impact on Competitive Advantage : An Empirical Study on Cement Companies in the Hashemite Kingdom of Jordan. Objek penelitian dari jurnal ini merupakan analisa sistem informasi Sumber Daya Manusia untuk meraih keunggulan bersaing pada perusahaan industri di Jordan.  Sebelumnya, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau HRIS merupakan pendekatan sistemeatis yang tepat waktu yang digunakan untuk mengakses informasi yang relevan yang dapat membantu membuat keputusan mengenai SDM (Mondy dan Noe,2005).
Hipotesis utamanya merupakan HRIS tidak berpengaruh signifikan pada perusahaan semen di Jordan. Sub hipotesis pertamanya merupakan HRIS tidak berpengaruh signifikan pada biaya sebagai dimensi pada variabel terikat yaitu “ Keunggulan Bersaing”. Sub hipotesis lain adalah HRIS tidak berpengaruh signifikan pada fleksibilitas sebagai dimensi pada variabel terikat yaitu “ Keunggulan Bersaing”. Penelitian ini menyebarkan kuesioner sebanyak 450 kuesioner. Hasil dari kuesioner tersebut berupa:
1. Persepsi responden mengenai penerapan sistem informasi sumber daya manusia yang tinggi, serta persepsi mereka terhadap efektivitas kinerja sumber daya manusia.
2. Adanya pengaruh statistik yang signifikan terhadap penerapan sistem informasi sumber daya manusia dalam pengelolaan sumber daya manusia
Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa HRIS mungkin tidak terlalu membantu menentukan tanggung jawab dan peran karyawan di perusahaan, yang semestinya dapat membntu menjaga agar karyawan tidak merasakan overloading. Berikut merupakan rekomendasi yang disarankan penulis untuk perusahaan Semen di Jordan:
1. Desain website untuk perusahaan semen Yordania. Situs web harus mudah digunakan dan tidak rumit
2. Merancang program pelatihan untuk karyawan dan pengguna sistem informasi sumber daya manusia
3. Talkshow mengenani pentingnya keberadaan dan penerapan sistem Human ResourceInformation System
4. Menyediakan infrastruktur seperti hardware,software untuk HRIS, serta terus terupdate





0 comments :

Post a Comment