E-Commerce
E- Commerce
Akhir- akhir ini kata “ E- commerce” atau “E-Marketplace”
sangat sering terdengar oleh kita baik dilingkup pertemanan maupun kerja. Namun
apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan E-commerce? Pada kesempatan ini saya
akan membahas mengenai E-commerce dan menggalinya melalui review jurnal. Jurnal
yang kali ini saya pilih berjudul The
Effect of National Culture Values on Consumer Acceptance of E- Commerce Online
Shoppers in Russia.
Pada penelitian kali ini digunakan perspektif
psikologi budaya dan antropologi untuk dapat menilai ciri khas budaya
berdasarkan tes kepribadian terhadap E-commerce di Russia. Untuk E-commerce sendiri
di Russia pada tahun 2014, 20% penduduknya sudah teratur melakukan belanja
online dan 59,2 % masyarakat disana sudah aktif menggunakan internet, nilaai
CAGR dari Business to Business atau B2B sudah mencapai 42,5%.
Metodologi penelitian yang digunnakan
menggunakan metode Mark Srite dan Elena Karahanna dengan cara mengukur sifat
budaya pada level individu terhadap analisis menggunakan dimensi budaya
Hofstede dengan norma subyektif yang digunakan untuk memeriksa kepercayaan
normatif untuk beberapa kelompok.
Kesimpulan dari penelitian ini berupa:
-Pola
perilaku konsumen tidak dimiliki secara universal dalam budaya yang berbeda
-Aspek
budaya maskulinitas, feminitas,individualisme, kolektivisme, jarak kekuasaan,
dan penghindaran ketidakpastian dimasukkan sebagai moderator dalam model
-Model
penerimaan konsumen terhadap e-commerce telah dmempertimbangkan dampak dari
budaya di dalam perceived usedulness, perceibed ease of use, kepercayaan dan
keinginan untuk menggunakan kumpulan data di Rusia.
0 comments :
Post a Comment